Akan Menjalankan Umroh? Ini Tips Persiapan Umroh yang Harus Diperhatikan!

Persiapan untuk umroh adalah sesuatu yang sangat penting bagi calon jamaah sebelum menjalankan ibadah di tanah suci. Ada banyak aspek yang perlu disiapkan, mulai dari kondisi fisik dan mental hingga perencanaan keuangan yang sudah dipertimbangkan sejak awal.

Artikel ini akan membahas beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh calon jamaah untuk umroh. Mari simak penjelasannya sampai habis, ya!

Persiapan Umroh

Dikutip dari buku "Saku Percakapan Bahasa Arab + Panduan Praktis Haji & Umroh" karya Wahab Hasbullah, seorang calon jemaah yang akan menjalankan umroh perlu memulai dengan membersihkan diri melalui mandi, mengenakan pakaian ihram, dan mempersiapkan hati agar umroh dapat berjalan dengan lancar. Tetapi, ada beberapa persiapan umroh lainnya yang harus diperhatikan oleh calon jamaah, berikut penjelasannya:

Persiapan Dokumen Administrasi

Hal pertama yang harus dipersiapkan dalam perjalanan umroh adalah dokumen administratif, seperti kartu identitas, paspor, dan visa umroh. Biasanya, pengurusan visa umroh dilakukan melalui agen travel umroh yang bekerja sama dengan kedutaan besar Arab Saudi.

Selain itu, ada beberapa dokumen lain yang juga penting untuk dipersiapkan dalam perjalanan umroh, seperti:

Paspor asli dan fotokopi

Fotokopi KTP

Fotokopi Kartu keluarga

Surat rekomendasi dari agen travel yang bersangkutan terkait status jamaah umroh

Buku nikah (bagi yang sudah menikah)

Akta lahir asli bagi jamaah yang berusia di bawah 17 tahun

Surat keterangan mahram bagi perempuan di bawah 40 tahun yang harus ditemani mahram

Tiket pesawat pulang pergi.

Membawa Perlengkapan Pribadi

Perlengkapan pribadi untuk umroh termasuk barang-barang selama ibadah, obat pribadi, peralatan mandi, suplemen, pelembab, dan barang-barang lain yang dibutuhkan oleh jamaah. Meskipun sebagian persiapan dibantu oleh agen travel, perlengkapan pribadi harus disiapkan oleh jamaah sendiri.

Menjaga Kesehatan Tubuh

Pelaksanaan umroh melibatkan aktivitas fisik seperti tawaf (mengelilingi Ka'bah) dan sa'i (berlari-lari kecil antara Shafa dan Marwah). Selain itu, jamaah juga akan melaksanakan berbagai ibadah tambahan di tanah suci yang membutuhkan kondisi fisik yang baik dan penyesuaian dengan cuaca di Mekkah yang berbeda dari Indonesia.

Memahami Aturan di Arab Saudi

Arab Saudi memiliki peraturan yang berhubungan dengan nilai-nilai agama Islam karena memiliki Kota Suci Makkah. Oleh karena itu, setiap jamaah umroh atau haji yang berada di Makkah harus mematuhi aturan-aturan Arab Saudi untuk kelancaran pelaksanaan ibadah.

Mengetahui Perbedaan Musim di Arab Saudi

Arab Saudi memiliki dua musim, yakni musim panas dan musim dingin. Meskipun mirip dengan Indonesia, cuaca di Arab Saudi tetap berbeda. Oleh karena itu, penting bagi jamaah untuk memahami perbedaan musim di Arab Saudi.

Memahami Rangkaian Ibadah

Persiapan umroh yang tak kalah penting adalah memahami rangkaian ibadah, yang disebut manasik. Saat manasik, jamaah akan diajarkan mengenai syarat-syarat, tata cara, rukun, hal-hal yang dilarang, dan hal-hal penting lainnya seputar ibadah haji dan umroh.

Memilih Agen Travel Terpercaya

Persiapan terakhir adalah memilih agen travel yang terpercaya. Calon jamaah bisa melakukan pengecekan terhadap agen travel melalui aplikasi yang tersedia untuk memastikan kepercayaannya.

Itu dia persiapan umroh yang harus diperhatikan oleh calon jamaah yang akan pergi ke tanah suci untuk menjalankan ibadah umroh atau haji. Semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat memberikan bantuan yang dibutuhkan.

Comments

Popular posts from this blog

Mengetahui Lebih Dalam Bagaimana Tips Merawat Nail Art agar Tetap Awet

Tips Jitu Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat

Tips Menata Meja Belajar Efisien di Ruangan Sempit